Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Objek dan Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Objek Penelitian: Seringkali terjadi kesalahan dalam hal penggunaan subjek dan objek dalam arti penelitian, hal itu karena salah satu dari keduanya tidak bisa disipisahkan. Atau bahkan bisa dikatakan pula bahwa subjek penelitian tidak bisa eksis tanpa objek penelitian, begitu pula sebaliknya. Atas alasan demikinalah pendekatan objek penelitian dinggap keinginan untuk meningkatkan reproduktifitas penyelidikan ilmiah.


Objek penelitian adalah sifat keadaan yang berrarti attributes yaitu barang atau kondisi yang akan dijadikan sebagai sasaran penelitian. Atas alasan ini objek penelitian dianggap rumusan masalah atau isu yang dikaji dalam penelitian. Objek Penelitian adalah kumpulan sumber daya yang menyatukan konten investigasi atau pekerjaan. Dalam konteks publikasi, objek penelitian mendukung apa yang dideskripsikan dalam paper, mendeskripsikan alat, kumpulan data, kueri, dan eksekusi yang digunakan untuk mencapai hasil akhir.

Pengertian Objek Penelitian 

Dalam sebuah penelitian, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah objek dari penelitian tersebut, karena objek penelitian merupakan sebuah sumber informasi dalam sebuah penelitian. 
Objek penelitian merupakan suatu kondisi yang menggambarkan atau menerangkan suatu situasi dari objek yang akan diteliti untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari suatu penelitian. 

Pengertian objek penelitian menurut Supriati (2012:38) adalah sebagai berikut : “Objek penelitian adalah variabel yang diteliti oleh peneliti ditempat penelitian dilakukan.”

Sedangkan menurut Iwan Satibi (2011:74) adalah sebagai berikut : “Objek penelitian secara umum akan memetakan atau menggambarkan wilayah penelitian atau sasaran penelitian secara komperhensif, yang meliputi karakteristik wilayah, sejarah perkembangan, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi lain-lain sesuai dengan pemetaan wilayah penelitian yang dimaksud.” 

Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto (2010:29) “Objek penelitian atau variabel penelitian yaitu sesuatu yang merupakan inti dari problematika penelitian.” 
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa objek penelitian merupakan sasaran ilmiah untuk mendapatkan data dan mengetahui apa, siapa, kapan dan dimana penelitian tersebut dilakukan.
Pengertian Objek Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi objek penelitian menurut para ahli, antara lain:
Researchobject, Objek penelitian adalah sebagai sejumlah inisiatif dan pendekatan yang mencoba mendeskripsikan dan mengasosiasikan semua konten ini bersama-sama dalam mekanisme yang dapat dibaca mesin sehingga dapat lebih mudah dibagikan dan dipertukarkan.
Sugiyono (2012), pengertian objek penelitian sebagai atribut dari orang, obyek, atau kegiatan yang memiliki variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Prinisp Objek Penelitian

Objek Penelitian bukanlah satu teknologi spesifik tetapi dipandu oleh seperangkat prinsip. Secara khusus, objek penelitian dipandu oleh tiga prinsip identitas, agregasi, dan anotasi:
Identitas digital, yaitu digunakan pengidentifikasi unik sebagai nama untuk berbagai hal, seperti DOI untuk publikasi atau data, dan ID ORCID untuk peneliti.
Agregasi data, yang dipergunakan beberapa bentuk agregasi untuk hal-hal terkait terkait bersama-sama yang merupakan bagian dari studi yang lebih luas, penyelidikan, dan lain-lain. Sehingga orang lain dapat lebih mudah menemukan sumber daya terkait tersebut.
Anotasi, adalah memberikan metadata tambahan tentang hal-hal itu, bagaimana kaitannya satu sama lain, asalnya, bagaimana diproduksi, dan lain-lain.

Pengeretian Metode Penelitian 

Metode penelitian terdiri atas dua kata yaitu metode dan penelitian. Metode berasal dari kata Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau jalan untuk mencapai sasaran atau tujuan dalam suatu permasalahan, kata yang mengikutinya adalah penelitian yang berarti suatu cara untuk mencapai sesuatu dengan metode tertentu, dengan cara hati-hati, sistematik dan sempurna terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

Metode penelitian menurut Supriati (2012:5) adalah sebagai berikut: “ Metode penelitian adalah tatacara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan.” 

Menurut Sugiyono (2009:2) menyatakan bahwa: “Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.”
Sedangkan menurut Juliansyah Noor (2011:254) menjelaskan bahwa: “Metode penelitian adalah anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berfikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian.”

Dengan demikian dari ketiga pendapat tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa metode penelitian adalah suatu cara atau prosedur untuk mendapatkan data terhadap suatu permasalahan dan tujuan serta kegunaan tertentu tanpa harus membuat perbandingan atau menghubungkan dengan objek yang lain.

Menurut Hidayat Syah (2010: 34) menjelaskan bahwa pengertian dari penelitian deskriptif adalah sebagai berikut : “Penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas-luasnya terhadap objek penelitian pada suatu masa tertentu.” 

Sedangkan menurut Punaji Setyosari (2010: 89) menjelaskan bahwa penelitian deskriptif adalah : “Penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan, peristiwa, objek apakah orang, atau segala sesuatu yang terkait dengan variabel-variebel yang bisa dijelaskan baik dengan angka-angka maupun kata-kata.” 

Sedangkan pengertian penelitian deskriptif menurut Supriyati (2011:33) adalah sebagai berikut : “Untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu, dalam hal ini bidang secara aktual dan cermat. Peneliti bertindak sebagai pengamat. Ia hanya membuat kategori pelaku, mengamati gejala dan mencatatnya dalam buku observasi.”

Sumber: 
Supriyati. 2012. Metodologi Penelitian Komputerisasi Akuntansi. Bandung: LABKAT.
Sekian uraian tentang Pengertian Objek dan Metode Peneliti Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.