Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Analisis Jalur (Path Analysis) Dengan Smart PLS

Artikel kali ini akam menjelaskan tentang Tutorial PLS SEM Menggunakan SMARTPLS. Dimana SMARTPLS adalah salah satu aplikasi komputasi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM).



Menetapakan Model Struktural PLS SEM

Tahap pertama adalah menetapakan Model Struktural PLS SEM. Artinya kita harus menentukan path analysis atau lintasan jalurnya, baik direct effects (pengaruh langsung) maupun indirect effects (pengaruh tidak langsung).

Kemudian menentukan mana variabel latent, indikatornya atau variabel manifest serta mana variabel sebagai mediator atau perantaranya.

Persiapan Data Tutorial PLS SEM

Bagi para pembaca yang akan memulai pembelajaran tutorial PLS SEM ini, marilah segera buka aplikasi SMARTPLS anda. Dalam hal ini yang akan kita gunakan adalah versi 3 dari aplikasi tersebut.

Setelah itu siapkanlah contoh data yang telah berisi tabulasi siap entry ke dalam aplikasi SMARTPLS. Data tersebut sebaiknya menggunakan format CSV yang mana dapat anda siapkan menggunakan aplikasi Excel.

Membuat Project Baru Dalam SMARTPLS

Jika data sudah disiapkan dan telah sesuai dengan model struktural yang akan dibentuk, maka tahap berikutnya adalah membuat proyek baru dalam apliksi SMARTPLS anda. Berikut merupakan tutorial lengkap cara melakukan analisis jalur (Path Analysis)