Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Analisis Data Penelitian

Analisis data merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses penelitian. Analisis data keliru maka hasil penelitian keliru meskipun data yang didapatkan benar. Langkah-langkah Analisis Data secara garis besar, analisis data meliputi 3 langkah, yaitu :
  • Persiapan
  • Tabulasi 
  • Penerapan daat sesuai dengan pendekatan penelitian

Persiapan

Kegiatan dalam langkah persiapan ini diataranya adalah sebagai berikut :
  • Mengecek nama dan kelengkapan identitas pengisi. 
  • Mengecek kelengkapan data, artinya memeriksa isi instrument pengumpulan data (termasuk pula kelengkapan lembarann instrument barangkali ada yang terlepas ataupun sobek)
  • Mengecek macam isian data. Jika didalam instrument termuat atau beberapa item yang diisi “tidak tahu” atau isian lain bukan yang dikehendaki peneliti, padahal isian yang diharapkan tersebut merupakan variabel pokok, maka item perlu didrop. 

Apa yang dilakukan dalam langkah persiapan ini adalah memilih data sedemikian rupa sehingga data yang terpakai saja yang ditinggal. Langkah persiapan ini dimaksudkan untuk merapikan data agar bersih, rapi dan tinggal mengadakan pengolahan lanjutan atau menganalisis.

Tabulasi

Tabulasi merupakan kegiatan menggambarkan jawaban responden dengan cara tertentu. Tabulasi juga dapat digunakan untuk menciptakan statistik deskriptif variabel-variabel yang diteliti. 

G.E.R. Burroughas mengemukakan klasifikasi analisis data sebagai berikut :
  • Tabulasi data (the tabulation of the data).
  • Penyimpulan data (the summarizing of the data).
  • Analisis data untuk tujuan testing hipotesis.
  • Analisis data untuk tujuan data penarikan kesimpulan.

Termasuk kedalam kegiatan tabulasi ini antara lain :
-  Memberikan skor (scoring) terhadap item-item yang perlu diberi skor.
   Misalnya : tes, angket bentuk pilihan ganda, rating scale, dsb.

-  Memberikan kode terhadap item-item yang tidak diberi skor.
    Misalnya :
    1. Jenis kelamin: 
        - laki-laki diberi kode 1
        - Perempuan diberi kode 0

    2. Tingkat pendidikan:
      - Sekolah Dasar diberi kode 1
      - Sekolah Menengah Pertama diberi kode 2
      - Sekolah Menengah Atas diberi kode 3
      - Perguruan Tinggi diberi kode 4

Banyaknya penataran yang pernah diikuti dikelompokkan dan diberi kode atas :
1) Mengikuti lebih dari 10 kali, diberi kode 1
2) Mengikuti antara 1 s.d. 9 kali, diberi kode 2
3) Tidak pernah mengikuti penataran diberi kode 0

Mengubah jenis data, disesuaikan atau dimodifikasikan dengan teknik analisis yang akan digunakan yaitu, Memberikan kode (coding) dalam hubungan dengan pengelolaan data jika akan menggunakan computer. Dalam hal ini pengolahan data memberikan kode pada semua variabel, kemudian mencoba menentukan tempatnya di dalam coding sheet (coding form), dalam kolom beberapa baris ke berapa. Apabila akan dilanjutkan, sampai kepada petunjuk penempatan setiap variabel pada kartu kolom (punc cord). Contoh pedoman pengkodean untuk penelitian tentang buku catatan murid adalah sebagai berikut :

X1. Kepandaian Murid
Pandai 1.= nilai rata-rata (kolom 02)
Pandai 2.= nilai bahasa Indonesia (kolom 03)
Pandai 3.= frekuensi tidak naik kelas

X2. Latar belakang orang tua 
Pendidikan orng tua = pendidikan orang tua (kolom 06 + 07)
Pekerjaan orang tua = pekerjaan orang tua (kolom 07 +08)
Dukungan = pemberian buku dengan segera (kolom 09)

X3. Kepedulian guru terhadap catatan 
X4. Kepedulian orang tua terhadap catatan

Penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian.

Maksud rumusan yang dikemukakan dalam bagian bab ini adalah pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan rumus-rumus atau aturan-aturan yang ada, sesuai dengan pendekatan penelitian atau desain yang diambil. Untuk mempermudah cara mengikuti uraian pengolahan data, akan disajikan dengan sistematika yang te;lah disajikan dengan sistematika yang telah dikemukakan dalam bab sebelumnya, mengenai jenis-jenis permasalahan.Sebagai tambahan penjelasan, yang dimaksud dengan cara yang dterapkan dalam perhitungan adalah data yang disesuaikan dengan jenis data yakni diskrit, ordinal, interval, dan ratio.


Bagi peneliti yang menyukai statistik, bab ini menyajikan barbagai rumus yang dapat digunakan untuk mengolah data. Apabila peneliti berkeinginan untuk menggunalan jasa computer, dan tinggalmenunggu hasilnya. namun meskipun eneliti harus tetap mencermati rumus-rumus yang disajikan, sehunga apabila akan maju tidak ragu-ragu.

Analisis data penelitian deskriptif

Data kuantitatif yang dikumpulkan dalam penelitian korelasional, komparatif , atay eksperimen diolah dengan menggunakan rumus-rumus statistik yang sudah disediakan ,baik secara menual maupun menggunakan jasa computer. Apapun jenis penelitianya, riset deskriptif yang bersifat eksploratif caranya dapat sama saja karena data yang diperoleh wujudnya sama. Yang berbeda adalah cara menginterpretasikan data dan mengambil kesimpulan. Apabila datanya telah terkumpul, maka diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif (angka-angka) dan kualitatif (kata-kata atau simbol).